I made this widget at MyFlashFetish.com.

Minggu, 02 Oktober 2011

Anak Jalanan


Kisah Anak Jalanan



Anak Jalanan adalah istilah umum yang mengacu kepada anak-anak yang mempunyai kegiatan ekonomi di jalanan, namun masih memiliki hubungan dengan kelurganya. Dan mungkin kita sudah tidak asing akan nama ini, karena disetiap penjuru kota kita dapat menemukannya dengan mudah.
Untuk apa anak-anak itu melakakuan kegiatan di jalan ?
Mungkin kata-kata ini terlantar dalam otak kalian bukan ? anak- anak itu melakukan pencaharian uang di jalanan untuk membantu orang tua mereka mencari nafkah , memenuihi kebutuhan mereka seperti makan, sekolah,  serta uang jajan. Tidak halnya seberuntung kita yang semua itu dapat terpenuhi dengan mudahnya.

Jika dilihat lagi anak-anak jalanan ada tiga katagori yaitu anak-anak yang turun kejalanan,  anak-anak yang ada di jalanan dan anak-anak dari keluarga yang ada dijalanan. Maksud dari katagori itu, anak-anak yang turun kejalanan adalah anak-anak yang memiliki kegiatan ekonomi dijalanan yang masih mempunyai hubungan dengan keluarganya. Sedangkan anak-anak yang ada di jalanan adalah anak-anak  yang  menghabiskan seluruh waktunya di jalanan dan tidak memiliki hubungan dengan keluarganya atau memutuskan hubungan dengan keluarganya. Dan yang ketiga anak-anak dari keluarga yang ada dijalanan maksudnya anak-anak yang menghabiskan seluruh waktunya di jalanan yang berasal dari keluarga yang hidup atau tinggalnya juga di jalanan.
Selain itu anak-anak jalanan juga bisa diartikan anak berusia 5-17 tahun yang rentan bekerja di jalanan, anak yang bekerja dijalana, dan/atau yang bekerja dan hidup dijalanan yang menghabiskan sebagaian besar waktunya untuk melakukan kegiatan hidup sehari-hari.




Sejak krisis tahun 1998, kegiatan anak jalanan di indonesia semakin meningkat, mulai di alun-alun, bioskop, jalan raya, simpang jalan, stasiun kereta api, terminal, pasar, pertokoan, dan mall. Kini, sosok anak-anak di indonesia tampil dalam kehidupan yang kian tak menggembirakan. Kondisi anak-anak yang kian terpuruk sudah bisa diliihat dari tampilan fisiknya saja.
Kondisi anak-anak yang kian terpuruk hanya teramati dari tampilan fisiknya saja. Padahal di balik tampilan fisik itu ada kondisi yang memprihatinkan, bahkan kadang-kadang lebih dahsyat. Kondisi ini disebabkan oleh makin rumitnya krisis di Indonesia : krisis ekonomi, hukum, moral, dan berbagai krisis lainnya.
Konvensi hak anak-anak yang dicetuskan oleh PBB (Convention on the Rights of the Child), sebagaimana telah diratifikasi dengan Keppres nomor 36 tahun 1990, menyatakan, bahwa karena belum matangnya fisik dan mental anak-anak, maka mereka memerlukan perhatian dan perlindungan.
Berkaitan dengan anak jalanan, umumnya mereka berasal dari keluarga yang pekerjaannya berat dan ekonominya lemah. Anak jalanan tumbuh dan berkembang dengan latar kehidupan jalanan dan akrab dengan kemiskinan, penganiayaan, dan hilangnya kasih sayang, sehingga memberatkan jiwa dan membuatnya berperilaku negatif.
Anak jalanan adalah seseorang yang masih belum dewasa (secara fisik dan phsykis) yang menghabiskan sebagian besar waktunya di jalanan dengan melakukan kegiatan-kegiatan untuk mendapatkan uang guna mempertahankan hidupnya yang terkadang mendapat tekanan fisik atau mental dari lingkunganya.  Umumnya mereka berasal dari keluarga yang ekonominya lemah. Anak jalanan tumbuh dan berkembang dengan latar kehidupan jalanan dan akrab dengan kemiskinan, penganiayaan, dan hilangnya kasih sayang, sehingga memberatkan jiwa dan membuatnya berperilaku negatif.
Kasus-kasus kekerasan (fisik, psykologis, maupun seksual) yang dialami oleh anak jalanan hingga terungkap ke publik hanyalah sebuah fenomena “gunung es” dari kasus-kasus kekerasan yang sebenarnya sering terjadi di dalam kehidupan anak-anak jalanan. Oleh karena itu, tidaklah terlalu berlebihan bila dikatakan bahwa anak jalanan senantiasa berada dalam situasi yang mengancam perkembangan fisik, mental dan sosial bahkan nyawa mereka. Di dalam situasi kekerasan yang dihadapi secara terus-menerus dalam perjalanan hidupnya, maka pelajaran itulah yang melekat dalam diri anak jalanan dan membentuk kepribadian mereka.
Ketika mereka dewasa, besar kemungkinan mereka akan menjadi salah satu pelaku kekerasan. Tanpa adanya upaya apapun, maka kita telah berperan serta menjadikan anak-anak sebagai korban tak berkesudahan. Menghapus stigmatisasi di atas menjadi sangat penting. Sebenarnya  anak-anak jalanan hanyalah korban dari konflik keluarga, komunitas jalanan, dan korban kebijakan ekonomi permerintah yang tidak becus mengurus rakyat. Untuk itu kampanye perlindungan terhadap anak jalanan perlu dilakukan secara terus menerus setidaknya untuk mendorong pihak-pihak di luar anak jalanan agar menghentikan aksi-aksi kekerasan terhadap anak jalanan.
Anak jalanan itu tinggal di kota setempat, kota terdekat bahkan ada yang dari profinsi lain. Ada anak jalanan yang ibunya tinggal dikota berbeda dengan ikut ayahnya untuk mencari uang, menikah lagi, atau cerai. Ada pula anak yang masih tinggal dengan orang tuanya, ada yang terpisah dan jarang pulang, ada pula yang tidak mengetahui orang tuanya sama sekali. Keadaan kota mengundang maraknya anak jalanan. Kota yang padat penduduknya dan banyak keluarga bermasalah membuat anak yang kurang gizi, kurang perhatian, kurang pendidikan, kurang kasih sayang dan kehangatan jiwa, serta kehilangan hak untuk bermain, bergembira, bermasyarakat, dan hidup merdeka, atau bahkan mengakibatkan anak-anak dianiaya batin, fisik, dan seksual oleh keluarga, teman, orang lain lebih dewasa. Di antara anak-anak jalanan, sebagian ada yang sering berpindah antar kota. Mereka tumbuh dan berkembang dengan latar kehidupan jalanan dan akrab dengan kemiskinan, penganiayaan, dan hilangnya kasih sayang, sehingga memberatkan jiwa dan membuatnya berperilaku negatif.
Anak jalanan adalah anak yang terkategori tak berdaya. Mereka merupakan korban berbagai penyimpangan dari oknum-oknum yang tak bertanggung jawab. Untuk itu, mereka perlu diberdayakan melalui demokratisasi, pembangkitan ekonomi kerakyatan, keadilan dan penegakan hukum, partisipasi politik, serta pendidikan luar sekolah. Anak jalanan, pada hakikatnya, adalah “anak-anak”, sama dengan anak-anak lainnya yang bukan anak jalanan. Mereka membutuhkan pendidikan. Pemenuhan pendidikan itu haruslah memperhatikan aspek perkembangan fisik dan mental mereka. Kita tak cukup memberinya makan dan minum saja, atau hanya melindunginya di sebuah rumah, karena anak membutuhkan kasih sayang. Kasih sayang adalah fundamen pendidikan. Tanpa kasih, pendidikan ideal tak mungkin dijalankan. Pendidikan tanpa cinta menjadi kering tak menarik.




Pasal 9 ayat (1) UU no 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak menyebutkan; “Setiap anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai dengan minat dan bakatnya”. Pemenuhan pendidikan itu haruslah memperhatikan aspek perkembangan fisik dan mental mereka. Sebab, anak bukanlah orang dewasa yang berukuran kecil. Anak mempunyai dunianya sendiri dan berbeda dengan orang dewasa. Pendidikan pada hakekatnya bertujuan membentuk karakter anak menjadi anak yang baik. Khusus untuk anak jalanan pendidikan luar sekolah yang sesuai adalah dengan melakukan proses pembelajaran yang dilaksanakan dalam wadah rumah singgah.
Maka dari itu anak jalanan masih berpeluang untuk mengubah nasibnya melalui belajar; karena itu perlu menggali sumber atau pendukung program. Agar anak-anak jalanan mau mengikuti program, maka sumber belajar harus bersikap empati dan mampu meyakinkan kepada mereka, bahwa program pendidikan tersebut benar-benar mendukung pengembangan diri mereka. Untuk itu, penguasaan terhadap karakteristik dan kebutuhan belajar anak-anak jalanan akan sangat membantu para sumber belajar untuk bersikap empati kepada mereka. Maka dari itu marilah kita buat putra putri indonesia sejak dini menjadi yang terbaik dan menjadi yang terdepan serta membanggakan untuk bangsa dan negara.



Daftar Pustaka




2 komentar:

  1. http://pelangipoker188.blogspot.co.id/2017/10/cerita-ngentot-dengan-cewek-cantik.html
    http://pokerpelangi1131.blogspot.co.id/2017/10/awali-bulan-november-ceria-dengan.html

    BalasHapus
  2. MarioQQ dengan Link Terhoki Se-asia 100% GAMPANG MENANG !
    - Minimal Deposit Hanya 10 Rb saja 🙂
    - Bonus Rolingan Terbesar
    - Bonus Rolingan Seumur Hidup
    - 100% FAIRPLAY
    - Saat Daftar Otomatis ID Pro +++ Luar Biasa !
    Masih banyak keunggulan menarik dari situs MarioQQ & Pastinya situs paling terbaik yang anda temukan selama bermain di situs lainnya nih 😍 .
    Tidak ada salahnya dicoba bergabung di situs kami nih !!!!
    Rasakan Malam Ini Juga !! DAFTAR MENJADI MEMBER SETIA TERHEBAT DI MARIOQQ 👌🏻
    Untuk Daftar bisa langsung di KLIK LINK NYA !!!
    Atau bisa melalui kami langsung ya " di add saja sosial media "
    BBM : DC91DE02
    WA : WA : +62 821 4331 1663
    LINE : mari0qq

    https://marioqq-com.blogspot.com/2019/04/jatuh-cinta-mahasiswa-cantik-cari-pria.html

    BalasHapus