Sebenarnya dari Bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Bisnis Informatika memiliki pengertian
yang hampir mirip dan memiliki keterhubungan bisnis yang serupa. Bisa diartikan Teknologi Informasi merupakan
subsistem dari sistem informasi, yaitu sistem yang dapat menghasilkan informasi
yang berguna. Teknologi Informasi yang didukung teknologi komunikasi
memungkinkan penyebaran informasi secara cepat dan akurat keseluruh penjuru
dunia. Dalam dunia bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk
perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce.
Sedangkan Informatika
berkaitan erat juga dengan teknologi informasi. Teknologi Informasi yang
merupakan suatu seperangkat alat yang membantu kita dalam bekerja dengan
informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan
informasi. Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer
melainkan mencakup juga teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarkan
informasi. Bisa disimpulkan Bisnis
Informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang
yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang
dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi
disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti
internet. Contohnya E-Commerce, Jasa Warnet,
penyedia Jasa Berita dan infotainment
online.
Beberapa jenis bisnis di bidang
Teknologi Informasi dan Komunikasi :
1. E-commerce
E-commerce
atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran,
pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik
seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce
dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem
manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri
teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan
penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial,
seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management),
e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan
transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik
(electronic data interchange /EDI), dll.
Dalam banyak kasus, sebuah
perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk
saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat
waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan
infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang
termasuk:
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan
Beberapa aplikasi umum yang
berhubungan dengan e-commerce adalah:
* E-mail dan Messaging
* Content Management Systems
* Dokumen, spreadsheet, database
* Akunting dan sistem keuangan
* Informasi pengiriman dan pemesanan
* Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
* Sistem pembayaran domestik dan internasional
* Newsgroup
* On-line Shopping
* Conferencing
* Online Banking
* Content Management Systems
* Dokumen, spreadsheet, database
* Akunting dan sistem keuangan
* Informasi pengiriman dan pemesanan
* Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
* Sistem pembayaran domestik dan internasional
* Newsgroup
* On-line Shopping
* Conferencing
* Online Banking
Contoh Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini
antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com,
Google, dan Paypal. Untuk di Indonesia, bisa dilihat tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com,
dll.
2. Software House
Sebuah software house adalah sebuah
perusahaan yang utama produk perangkat lunak. Pengorganisasian software
house adalah jenis yang sangat khusus keterampilan manajemen, di mana
orang-orang yang berpengalaman dapat mengubah masalah organisasi menjadi
manfaat yang unik. Misalnya, memiliki sub-tim tersebar di berbagai zona
waktu memungkinkan hari 24 jam kerja perusahaan, jika tim, sistem dan
prosedur yang mapan. Sebuah contoh yang baik adalah tim uji dalam zona
waktu 8 jam ke depan atau di belakang tim pengembangan, yang memperbaiki bug
perangkat lunak ditemukan oleh penguji.
Sebuah software house perangkat
lunak profesional biasanya terdiri dari setidaknya tiga khusus sub-tim:
1. Bisnis
analis yang mendefinisikan kebutuhan
bisnis dari pasar
2. Software
Designer/ Programmer yang menciptakan
spesifikasi teknis dan menulis perangkat lunak
3. Software penguji yang bertanggung jawab atas seluruh proses
manajemen mutu
3. Consultant
Konsultasi
teknologi informasi (juga disebut TI konsultasi, konsultasi Komputer,
konsultasi Computing, bisnis teknologi konsultasi dan layanan
teknologi atau IT penasihat) adalah bidang yang berfokus pada
bisnis menasihati tentang cara terbaik untuk menggunakan teknologi
informasi untuk memenuhi tujuan bisnis mereka. Selain memberikan
saran, konsultan TI sering memperkirakan, mengelola, melaksanakan, menyebarkan,
dan mengelola sistem TI atas nama ‘bisnis ‘, yang dikenal sebagai
outsourcing .
Ada berbagai alasan mengapa
konsultan dipanggil:
1. Untuk mendapatkan eksternal,
saran yang lebih obyektif dan rekomendasi
2. Untuk mendapatkan akses ke
keahlian khusus para konsultan ‘
3. Hanya sebagai bantuan
sementara selama proyek satu kali, di mana mempekerjakan
karyawan
tetap tidak diperlukan
4. Untuk outsourcing semua atau
bagian dari layanan TI
Empat prinsip dasar IT
konsultasi adalah:
1. Fokus pada Hubungan:
Memahami kepribadian dan harapan klien, organisasi klien dan
semua
stakeholder lainnya
2. Jelas Ditetapkan Peran:
peran dan tanggung jawab Ditetapkan untuk kedua klien,
stakeholder
lainnya dan tim konsultasi
3. Visualisasikan Sukses:
Membantu klien melihat akhir di awal
4. Anda Advise, Mereka
Putuskan: Klien adalah orang terbaik untuk memutuskan
Sebuah Konsultan IT perlu
memiliki keterampilan sebagai berikut:
1. Penasehat keterampilan
2. Keterampilan teknis
3. Bisnis keterampilan
4. Keterampilan Komunikasi
5. Keterampilan manajemen
6. Penasehat Bahasa
Keterampilan
7. Bisnis dan Manajemen Bahasa
keterampilan
8. Teknis Bahasa keterampilan
(Sebagai contoh CMOS, Complementary Metal Oxide Semi-
konduktor).
Perkembangan
bisnis informatika di indonesia dan di dunia
Perkembangan bisnis
informatika di indonesia maupun di dunia kian hari makin meningkat, dikarenakan
kebutuhan dari manusia sendiri yang membuat perkembangan bisnis terutama
dibidang teknologi informasi dan komunikasi semakin meningkat. Bisa dilihat
dari perkembangan informatika dalam dunia bisnis, teknologi informasi sudah
banyak digunakan oleh perusahaan baik bidang ekonomi maupun perbankan. Dengan hadirnya
aplikasi-aplikasi dan layanan e-bussiness, e-commerce, e-banking dan lain-lain. Kebutuhan
efisiensi waktu dan biaya menyebabkan pembisnis merasa perlu menerapkan
teknologi informasi dalam lingkungan kerja.
Perkembangan
informatika dalam bidang pendidikan sekarang sudah banyak pembelajaran yang
lebih baik dengan menggunakan audio/ video/ data dan juga internet. Internet merupakan
sarana pembelajaran yang paling sering digunakan, karena kemampuan dan
karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak
jauh (E-Learning) menjadi ebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang
lebih baik. Dengan hadirnya e-learning setiap siswa bisa mengakses materi pembelajaran yang disediakan melalui
situs. Siswa bisa berinteraksi dengan guru atau dengan siswa lain tanpa harus
harus hadir dikelas. Materi pembelajaran online, membuat siapa saja bisa
mengakses materi tersebut tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu.
Perkembangan
informatika dalam dunia kesehatan telah mengubah pola juru medis untuk
mengetahui riwayat penyakit pasien, yaitu dengan sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien
yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat
mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses
operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi
untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.
Perkembangan
informatika dalam dunia pemerintahan dikenal dengan istilah e-government. Tujuan pemanfaatan teknologi informasi dalam pemerintahan adalah agar
pelayanan kepada masyarakat dalam lebih efisien. teknologi informasi juga dapat
memberdayakan masyarakat karena dengan adanya infrastruktur e-government akan lebih mudah dan lebih cepat untuk mengakses informasi dari
pemerintah.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar