I made this widget at MyFlashFetish.com.

Kamis, 30 Oktober 2014

BISNIS INFORMATIKA


Sebenarnya dari Bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Bisnis Informatika memiliki pengertian yang hampir mirip dan memiliki keterhubungan bisnis yang serupa. Bisa diartikan Teknologi Informasi merupakan subsistem dari sistem informasi, yaitu sistem yang dapat menghasilkan informasi yang berguna. Teknologi Informasi yang didukung teknologi komunikasi memungkinkan penyebaran informasi secara cepat dan akurat keseluruh penjuru dunia. Dalam dunia bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. 

Sedangkan Informatika berkaitan erat juga dengan teknologi informasi. Teknologi Informasi yang merupakan suatu seperangkat alat yang membantu kita dalam bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer melainkan mencakup juga teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarkan informasi. Bisa disimpulkan Bisnis Informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet. Contohnya E-Commerce,  Jasa Warnet,  penyedia Jasa Berita dan infotainment online.

Beberapa jenis bisnis di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi :

1. E-commerce


E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan

Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
* E-mail dan Messaging
* Content Management Systems
* Dokumen, spreadsheet, database
* Akunting dan sistem keuangan
* Informasi pengiriman dan pemesanan
* Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
* Sistem pembayaran domestik dan internasional
* Newsgroup
* On-line Shopping
* Conferencing
* Online Banking

Contoh Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal. Untuk di Indonesia, bisa dilihat tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com, dll.

2. Software House

Sebuah software house adalah sebuah perusahaan yang utama produk perangkat lunak. Pengorganisasian software house adalah jenis yang sangat khusus keterampilan manajemen, di mana orang-orang yang berpengalaman dapat mengubah masalah organisasi menjadi manfaat yang unik. Misalnya, memiliki sub-tim tersebar di berbagai zona waktu memungkinkan hari 24 jam kerja perusahaan, jika tim, sistem dan prosedur yang mapan. Sebuah contoh yang baik adalah tim uji dalam zona waktu 8 jam ke depan atau di belakang tim pengembangan, yang memperbaiki bug perangkat lunak ditemukan oleh penguji.

Sebuah software house perangkat lunak profesional biasanya terdiri dari setidaknya tiga khusus sub-tim:
1. Bisnis analis yang mendefinisikan kebutuhan bisnis dari pasar
2. Software Designer/ Programmer yang menciptakan spesifikasi teknis dan menulis perangkat lunak
3. Software penguji yang bertanggung jawab atas seluruh proses manajemen mutu

3. Consultant

Konsultasi teknologi informasi (juga disebut TI konsultasi, konsultasi Komputer, konsultasi Computing, bisnis teknologi konsultasi dan layanan teknologi atau IT penasihat) adalah bidang yang berfokus pada bisnis menasihati tentang cara terbaik untuk menggunakan teknologi informasi untuk memenuhi tujuan bisnis mereka. Selain memberikan saran, konsultan TI sering memperkirakan, mengelola, melaksanakan, menyebarkan, dan mengelola sistem TI atas nama ‘bisnis ‘, yang dikenal sebagai outsourcing .

Ada berbagai alasan mengapa konsultan dipanggil:
1. Untuk mendapatkan eksternal, saran yang lebih obyektif dan rekomendasi
2. Untuk mendapatkan akses ke keahlian khusus para konsultan ‘
3. Hanya sebagai bantuan sementara selama proyek satu kali, di mana mempekerjakan
karyawan tetap tidak diperlukan
4. Untuk outsourcing semua atau bagian dari layanan TI

Empat prinsip dasar IT konsultasi adalah:
1. Fokus pada Hubungan: Memahami kepribadian dan harapan klien, organisasi klien dan
semua stakeholder lainnya
2. Jelas Ditetapkan Peran: peran dan tanggung jawab Ditetapkan untuk kedua klien,
stakeholder lainnya dan tim konsultasi
3. Visualisasikan Sukses: Membantu klien melihat akhir di awal
4. Anda Advise, Mereka Putuskan: Klien adalah orang terbaik untuk memutuskan

Sebuah Konsultan IT perlu memiliki keterampilan sebagai berikut:
1. Penasehat keterampilan
2. Keterampilan teknis
3. Bisnis keterampilan
4. Keterampilan Komunikasi
5. Keterampilan manajemen
6. Penasehat Bahasa Keterampilan
7. Bisnis dan Manajemen Bahasa keterampilan
8. Teknis Bahasa keterampilan (Sebagai contoh CMOS, Complementary Metal Oxide Semi-
konduktor).

Perkembangan bisnis informatika di indonesia dan di dunia

Perkembangan bisnis informatika di indonesia maupun di dunia kian hari makin meningkat, dikarenakan kebutuhan dari manusia sendiri yang membuat perkembangan bisnis terutama dibidang teknologi informasi dan komunikasi semakin meningkat. Bisa dilihat dari perkembangan informatika dalam dunia bisnis, teknologi informasi sudah banyak digunakan oleh perusahaan baik bidang ekonomi maupun perbankan. Dengan hadirnya aplikasi-aplikasi dan layanan e-bussiness, e-commerce, e-banking dan lain-lain. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan pembisnis merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja.

Perkembangan informatika dalam bidang pendidikan sekarang sudah banyak pembelajaran yang lebih baik dengan menggunakan audio/ video/ data dan juga internet. Internet merupakan sarana pembelajaran yang paling sering digunakan, karena kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi ebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik. Dengan hadirnya e-learning setiap siswa bisa mengakses materi pembelajaran yang disediakan melalui situs. Siswa bisa berinteraksi dengan guru atau dengan siswa lain tanpa harus harus hadir dikelas. Materi pembelajaran online, membuat siapa saja bisa mengakses materi tersebut tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu.

Perkembangan informatika dalam dunia kesehatan telah mengubah pola juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien, yaitu dengan sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.

Perkembangan informatika dalam dunia pemerintahan dikenal dengan istilah e-government. Tujuan pemanfaatan teknologi informasi dalam pemerintahan adalah agar pelayanan kepada masyarakat dalam lebih efisien. teknologi informasi juga dapat memberdayakan masyarakat karena dengan adanya infrastruktur e-government akan lebih mudah dan lebih cepat untuk mengakses informasi dari pemerintah.









Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar