I made this widget at MyFlashFetish.com.

Sabtu, 06 Desember 2014

PELUANG USAHA BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI

Nama Anggota Kelompok :

-Annisa Tri Handayani              (50411977)
-Ardian Fikri                            (51411053)
-Citra Dewi Riska                    (51411672)
-Ihsan Dwi Nugraha                 (53411447)

-Rahmat Ardi Prasetyo             (58411226)



1. Proses Pencarian peluang usaha

 A.      Kepribadian masing-masing kelompok :


  •          Ardian Fikri
Merupakan seseorang yang optimistis dengan segala keadaan, mampu mengatasi kesulitan dengan caranya sendiri, dan juga dapat bersosialisasi dengan baik kepada semua orang di lingkungannya.

  •          Annisa Tri Handayani
Merupakan seseorang yang rajin dan pintar dan juga bisa diandalkan terhadap segala situasi yang ada, selain itu kepribadiannya yang ramah serta dapat dipercaya juga mampu menjadi magnet tersendiri agar semua orang menyukainya 

  •          Citra Dewi Riska

Merupakan seseorang yang selalu membantu sesama disaat kesulitan, selain itu dalam menghadapi masalah selalu tenang dan bisa menyelesaikannya dengan baik tanpa basa-basi dan juga tidak mudah menyerah.

  •          Ihsan Dwi Nugraha
Merupakan seseorang yang selalu membawa kebahagiaan kepada teman-temannya sehingga menjadi pribadi yang mudah diajak berteman, selain itu juga merupakan pribadi yang selalu berusaha yang terbaik untuk menyelesaikan pekerjaannya dan tidak pernah mengecewakan teman-temannya.
  •          Rahmat Ardi Prastyo
Merupakan seseorang yang kreatif dan teliti dalam menelaah situasi dan masalah yang ada, selalu ramah dan tidak gampang emosi dalam pergaulan sehingga semua orang menyukainya. Dan mampu menjadikan kekurangannya menjadi kelebihannya dalam segala situasi.
P

P     B. Peluang yang dapat diraih

P           Peluang yang dapat diraih juga kembali dari aspek kepribadian masing-masing karena peluang selalu ada bagi orang yang mau mencarinya dan berusaha sebaik mungkin

     C.  Kebutuhan dan keinginan konsumen

            Kebutuhan konsumen disini difokuskan pada produk tas dan dompet dengan harga yang miring, dan transaksi dilakukan secara online sehingga proses menjadi cepat dan murah.

     D.   Lingkungan yang dihadapi

        Area kami melingkupi orang-orang yang mampu mengakses internet dan dapat mengunjungi situs berbelanja online kami dengan demikian orang-orang bisa berbelanja dan bertransaksi dengan kami secara mudah, cepat, dan juga murah.

     E.  Situasi persaingan

            Melihat semakin maraknya perusahaan dengan situs-situs berbelanja online menjadikan usaha ini menjadi semakin ketat, tetapi kita dapat mengatasinya dengan menyelenggarakn promo-promo dan pengeluaran produk baru yang dapat menarik minat pembeli sehingga perusahaan ini dapat bersaing secara sehat dengan yang lain.

     F.  Dukungan dan tren kebijakan pemerintah

        Pemerintah saat ini melalu Dinas Koperasi dan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) menggalakkan pendukungan usaha-usaha baru agar angka pengganguran semakin kecil, dengan demikian dukungan dan kebijakan pastinya sangatlah mendukung perusahaan ini yang dapat menyerap tenaga kerja ahli sehingga angka pengganguran semakin menurun.


  2. Tahapan Pengembangan Usaha

A.      Penetapan strategi E-Biz

·  Mengidentifikasi internet benefit
      Bagaimana website akan memberikan keunggulan pada produk dan layanan melalui feature pada web sebagai baian dari produk dan layanan.  Serta menggunakan web untuk meningkatkan keunggulan yang sudah ada
·      Menentukan model pendapatan
      Direct sales : pendapatan akan datang langsung dari penjualan produk/layanan
     Indirect sales : pendapatan akan datang tidak langsung dari site content melalui penjualan space iklan
      Licensing/selling content : pendapatan akan datang  dari lisensi/penjualan content ke  site lain
·      Penetapan tujuan dan objektivitas e-biz
·      Pencarian ide untuk website
·      Membuat pre-eliminary project plan
·      Kejelasan titik awal dan akhir
·      Menetapkan sumber2 penting
·      Menetapkan jangka waktu
·      Menetapkan anggaran

B.       Perencanaan Website yang Representatif

·      Memilih technical resource
      Apakah akan membangun web sendiri atau menyewa pihak lain. Perhatikan juga keunggulan dan kekurangannya.
·      Membuat sebuah sitemap
      Memberikan gambaran bagaimana site akan disusun skema navigasi site akan memudahkan bagi pengunjung site untuk berkeliling
·      Pemantapan tampilan website
·      Membangun fungsionalitas teknis pada website
       Form fields, gateway programs, database programs, teknologi secure server, cookies
·      Membuat rencana pemeliharaan website
·      Perluasan dan update isi serta menarik pengunjung ke website

C.      Pembuatan Website

·        Rencana isi/content
·       Membuat home page
            Kesan pertama yang menggoda, content site yang jelas, cepat dan mudah
·      Merubah content yang ada dan pengadaan content yang diperlukan
          Penulisan HTML secara benar, kalimat pendek dan mudah dipahami, pemilihan karakter yang tepat
·      Mengintegrasikan e-biz
          Desain produk, marketing dan promosi, penjualan, akuntansi dan control inventory, customer service

D.      Promosi e-biz

·      Memilih dan mendaftarkan nama domain
           Ektensi brand, ekspresi layanan, unique identifier
·      Rencana promosi
      Search engine, link, internet advertising, email, e-press release, artikel e-zine

E.      Respon Terhadap Feedback yang Masuk

·      Rencana follow up customer support
           Email us, call us, dan follow Facebook, Twitter, dan Instagram
·      Pemeliharaan website
          Menjaga agar content website selalu baru dan menarik, memastikan isi site benar benar akurat, melacak aliran pengunjung, dan memastikan semua link aktif
·      Penelusuran pengguna site
           Menggunakan site tracking tools

F.      Struktur Organisasi

Direktur Utama                                         : Ardian Fikri
Kepala Keuangan dan Administrasi           : Annisa Tri Handayani
Teknisi dan Development Web                 : Ihsan Dwi Nugraha
Customer Service 1                                  : Citra Dewi Riska
Customer Sevice 2                                   : Rahmat Ardi Prastyo


3. Sumber Ide Usaha

Ide dari usaha ini karena kami ingin mengembangkan sebuah perusahaan berbasis E-Commerce yang dapat menjadi acuan bagi kostumer agar bisa berbelanja melalui kami tanpa harus direpotkan mengunjungi toko atau tempat penjualan tas dan dompet sehingga kostumer hanya perlu memilih produk yang diinginkan lalu bayar secara online melalui rekening yang sudah kami sediakan dan kostumer hanya perlu menunggu barang sampai ke tempat tujuan.


4. Faktor Utama Sebelum Memulai Usaha

·      Faktor kelayakan pasar
Dalam memberikan layanan jasa, kualitas produk dan layanan yang cepat dan baik adalah segalanya karena hal itu merupakan suatu aspek yang sangat penting, karenanya akan membedakan kita dengan yang lainnya, kualitas produk serta layanan yang baik akan mendatangkan konsumen yang banyak dan mendatangkan kepuasan sendiri bagi para konsumen sehingga mereka percaya dan mau membeli produk kami lagi.

·      Faktor kesukaan
Walaupun produk kami sangat berkualitas masalah subjektivitas dan selera adalah hal yang sering dijadikan bahan pemikiran kami dengan demikian pelayanan yang baik adalah salah satu kebutuhan yang sangat diperlukan sehingga kostumer dapat dengan bijak memilih produk yang diinginkan.

·      Faktor keahlian
     Kualitas bukan hanya terlihat dari produk kami melainkan juga dari kemampuan pelayanan yang kami berikan sehingga kostumer puas dan senang.

 ·      Faktor dana
Dana adalah suatu hal yang merupakan basic dari perusahaan, tanpa dana perusahaan tidak akan terbangun dan berjalan. Dalam hal ini kami juga menemukan kesulitan dalam pencarian dana karena usaha kami terbilang membutuhkan dana yang besar.

·      Faktor bahan baku
Bahan baku produk yang kami gunakan adalah kulit impor dengan kualitas yang terjamin serta kami juga bekerja sama dengan produsen tas dan dompet yang lain untuk bekerja sama dengan kami dalam usaha ini.

·      Faktor sumber daya manusia
Sumber daya manusia kami sangat mementingkan kualitas pelayanan dan produk yang dihasilkan tanpa melihat latar belakang masing-masing.

·      Faktor kepribadian
Faktor kepribadian adalah sesuatu yang sangat penting dan tidak bisa dipungkiri menjadi elemen dasar suatu perusahaan, tidak terkecuali dengan perusahaan kami karena kami memiliki masing-masing personalitas yang berbeda-beda tetapi kami bersikap profesional dalam menghadapi itu semua dan memetingkan layanan dan produk yang kami hasilkan dapat memuaskan kostumer.







Link Anggota :

http://ardianfikri.blogspot.com/2014/12/peluang-usaha-di-bidang-teknologi.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar