I made this widget at MyFlashFetish.com.

Senin, 20 April 2015

CLOUD COMPUTING

CLOUD COMPUTING






Komputasi Awan (Cloud Computing) adalah suatu layanan jasa IT yang dilakukan sebuah perusahaan dimana pengguna dari layanan tersebut tidak perlu menyiapkan perangkat sendiri karena telah disediakan oleh perusahaan tersebut. Layanan ini merupakan layanan yang berbasis internet dimana semua kebutuhan akan dilayani menggunakan koneksi internet. Hal ini bisa disebut dengan Cloud. Komputasi awan merupakan salah satu penggabungan pemanfaatan teknologi  komputer yang berbasiskan internet dan merupakan sebuah trend teknologi terbaru yang sedang di kembangkan. Komputasi awan ini menjalankan kebutuhan pengguna diluar perusahaan itu sendiri sehingga di ibaratkan seperti kebutuhan pengguna di simpan permanen di awan atau di server di internet.

Jenis jasa cloud computing dibagi menjadi 3, yaitu:
·         SaaS (Software as a Service)

Layanan aplikasi  yang dapat langsung dimanfaatkan penguna dengan berlangganan seperti Microsoft Office 365 dan sebagainya.

·        PaaS (Platform as a Service)

Layanan penyedia modul siap pakai yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi, berjalan di atas platform tersebut seperti pengembangan game di Facebook, Google Android, dan sebagainya.
·         IaaS (Infrastructure a Service)
Layanan yang menyewakan perangkat untuk menjalankan aplikasi meliputi media penyimpanan, processing powermemory, sistem operasi, dan kapasitas.
Cloud computing mempunyai 3 tingkatan layanan yang diberikan kepada pengguna, yaitu:
  1. Infrastructure as service, hal ini meliputi Grid untuk virtualized server, storage & network. Contohnya seperti Amazon Elastic Compute Cloud dan Simple Storage Service.
  2. Platform as a service, hal ini memfokuskan pada aplikasi dimana dalam hal ini seorang developer tidak perlu memikirkan hardware dan tetap fokus pada pembuatan aplikasi tanpa harus mengkhawatirkan sistem operasi, infrastructure scaling, load balancing dan lain-lain. Contohnya yang sudah mengimplementasikan ini adalah Force.com dan Microsoft Azure investment.
  3. Software as a service: Hal ini memfokuskan pada aplikasi dengan Web-based interface yang diakses melalui Web Service dan Web 2.0. Contohnya adalah Google Apps, SalesForce.com dan aplikasi jejaring sosial seperti FaceBook.


IMPLEMENTASI COULD COMPUTING DALAM BIDANG KEDOKTERAN

Terdapat banyak sekali manfaat yang dihasilkan dari penerapan teknologi Cloud Computing saat ini. Penerapan cloud computing memberikan manfaat baik di bidang bisnis, pendidikan,pemerintahan,kedokteran,telekomunikasi dan lain sebagainya. Saat ini akan dibahas mengenai manfaat cloud computing pada bidang kedokteran. Dunia kedokteran dewasa ini telah mengalami banyak perkembangan baik perkembangan dari ilmu kedokteran itu sendiri maupun perkembangan ilmu lain yang mendukungnya.
Salah satu yang mendukung ilmu kedokteran adalah teknologi cloud computing. Bagaimana cloud computing bisa mendukung ilmu kedokteran?mari kita bahas satu persatu. Sejak abad millennium dunia kedokteran telah mendapat dukungan dari perkembangan teknologi informasi beberapa diantaranya adalah CT Scan yang dapat menggambarkan struktur bagian dalam tubuh manusia, Dynamic Spatial Reconstructor(DSR) yang dapat digunakan melihat gambar dari berbagai sudut organ tubuh. Hal ini tentunya dapat mempermudah dan meningkatkan kinerja dari para dokter. Tidak terkecuali Cloud Computing, teknologi yang masih terbilang baru ini juga memberikan kontribusinya dalam perkembangan dunia kedokteran. Salah satu dari teknologi Cloud Computing yang digunakan adalah “Telemedicine”, yaitu pelayanan di bidang kesehatan jarak jauh.
Hal ini mencakup bentuk pengobatan yang memanfaatkan media yang digunakan untuk berinteraksi antara dokter dan pasien. Dengan adanaya Telemedicine, pasien tidak harus datang ke rumah sakit untuk melakukan check up atau memeriksa kan kondisinya cukup menggunakan teknologi Telemedicine maka sang pasien dan dokter dapat berinterkasi. Telemedicine menawakan banyak manfaat seperti efektifitas waktu,biaya dan tenaga selain itu juga dengan adanya teknologi ini dapat mengatasi persebaran tenaga medis atau ahli kesehatan. Cakupan dari Telemedicine cukup luas,meliputi penyediaan pelayanan kesehatan jarak jauh melalui transfer informasi(audio,video,grafik) dengan menggunakan perangkat telekomunikasi. Teknologi Telemedicine juga memungkinkan dokter dan pasien terhubung menggunakan teknologi satelit,video conference dan transfer data melalui web atau pun ponsel untuk menangani penyakit. Dengan adanya teknologi ini, dokter maupun petugas kesehatan dapat mengontrol dan memonitor pasien selama 24 jam.

Kelebihan Komputasi Awan :
1.                  Sederhana. Pengguna tidak diharuskan mengerti tentang sistem IT
2.                  Aman. Data pengguna disimpan dalam suatu serber terpusat dan sudah pasti
memiliki backup
3.                  Murah. Pengguna tidak perlu menyediakan infrastruktur dan SDM IT.
4.                  Reliabel. Layanan menjaga data dan aplikasi pengguna tanpa henti.
5.                  Kompatibel. Mudah dalam mengakses asalkan ada koneksi internet.
6.                  Efisien. Pengguna dapat memilih layanan sesuai kebutuhan dan membayar
sesuai biaya layanan yang digunakan saja.
7.                  Membuat operasional dan manajemen lebih mudah di atur, di monitor, dan
tersambung dalam satu cloud
Kekurangan Komputasi Awan :
1.                  Jika internet bermasalah, komputer akan menjadi lambat atau bahkan tidak
bisa di pakai sama sekali sehingga tidak dapat menggunakan aplikasi dan data.
2.                  Perusahaan yang menggunakan layanan dari cloud tidak memiliki akses
langsung ke sumber daya
3.                  Jika server penyedia layanan cloud computing rusak atau layanan backup
buruk, maka akan menimbulkan kerugian besar bagi perusahaan.







SUMBER :

http://isarasyu.blogspot.com/2013/03/pengertian-komputasi-awan-cloud.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar