I made this widget at MyFlashFetish.com.

Minggu, 10 November 2013

Desain Grafis Daun

Desain Grafis Daun
Desain grafis  berasal dari 2 kata yaitu Desain dan Grafis.  Desain berarti proses atau merancang untuk menciptakan suatu objek baru.  Sedangkan Grafis berarti bentuk grafik titik atau garis yang saling berhubungan untuk membuat pola pada objek baru. Dan daun itu sendiri merupakan tanaman yang bisa dijadikan objek baru. Jadi, Desain Grafis daun atau biasa dikenal dengan “leaf design modelling”, merupakan suatu karya cipta dengan pola-pola yang ditentukan yang akan menghasilkan penggambaran objek daun.
Dalam hal ini, desain grafis daun dalam pembuatannya bisa menggunakan teknologi komputer yang akan menyempurnakan bentuk model dari daun itu sendiri, sehingga tampak seperti dua dimensi atau tiga dimensi.
Software-software untuk menggambar pola daun bisa menggunakan seperti misalnya Adobe Photoshop, Corel Draw, Ilustrator, AutoCad dan sebagainya.
Contoh penggambaran daun dengan menggunakan Photoshop dapat dilihat berikut ini.
Yang pertama dilakukan yaitu memilih Image > Rotate Canvas > 90o CCW dan menggunakan tool crop untuk memotong bagian daunnya.

Setelah itu pilih Image > Adjustments > Gradient Map, ketika  muncul tampilan lalu klik pada bar gradient untuk membuka sebuah Gradient Editor. Setelah itu kita memilih warna daun yaitu hijau.

Karena kompleksitas gradien maka gambar menjadi tajam, sehingga dapat juga melembutkan kontrasnya. Gandakan lapisan daun dua kali lebih tebal, dengan cara memilih Filter > Blur > Gaussian Blur dan mengatur radius sampai 4px. Setelah itu klik Thumbnail Layer Mask > Sikat Soft Round besar dengan Opacity 15% dan melapisinya pada urat daun agar menyembunyikannya dari blur.


Pada duplikat layer, dapat menerapkan Motion Blur filter dan mengatur Opacity layernya. Untuk membuat gambar kerangkanya berkesan meridian globe dan paralel, kita mengaturnya dengan Filter > Distort > Shear lalu mengubah grid titik pusat ke kanan dan titik puncak ke kiri, lalu mengganti pengaturan spherize dari menu distort hingga 52%.

Maka jadilah hasilnya sebuah bentuk daun yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar