I made this widget at MyFlashFetish.com.

Minggu, 20 Oktober 2013

LEAF MODELLING DESIGN

Leaf Design Modelling

Biasanya dalam sebuah design grafis permodelan kita hanya melihat design yang terlihat oleh mata besar saja tidak pada yg kecilnya, padahal kalau dicerna banyak hal kecil yang membuat sebuah design menjadi sempurna atau menjadi indah, salah satunya adalah daun.  Pada sebuah design taman atau design kota  atau pegunungan akan identik dengan  sebuah dedaunan/pepohonan, karena dengan adanya dedaunan semakin terasanya sebuah gambarmenjadi natural atau juga bisa menuyentuh atau menarik perhatian orang yang melihat design. Maka dari itu kita disini akan mencoba membahas tentang bagaimana cara pembuatan sebuah design grafis daun atau biasa dikenal dengan “leaf design modelling”.


            Seorang tokoh bernama Sebastian Guerrini memperkuat bentuk daun menjadi simbol grafis bagi pamflet bioteknologi korporasi. Guerrini membuat pohon daun melalui  Photoshop  dengan memilih Image > Rotate Canvas > 90o CCW, dan menggunakan tool crop untuk memotong bagian daunnya. Setelah itu dia memilih Image > Adjustments > Gradient Map, ketika  muncul tampilan lalu mengklik pada bar gradient untuk membuka sebuah Gradient Editor. Setelah itu kita memilih warna daun yaitu hijau.


 Karena kompleksitas gradien maka gambar menjadi tajam, sehingga Guerrini melembutkan kontras. Dia menggandakan lapisan daun dua kali lebih tebal, dengan cara memilih Filter > Blur > Gaussian Blur dan mengatur radius sampai 4px. Setelah itu mengklik Thumbnail Layer Mask > Sikat Soft Round besar dengan Opacity 15% dan melapisinya pada urat daun agar menyembunyikan nya dari blur. Pada duplikat layer, Guerrini menerapkan Motion Blur filter dan mengatur Opacity layernya. Untuk membuat gambar kerangkanya berkesan meridian globe dan paralel, kita mengaturnya dengan Filter > Distort > Shear lalu mengubah grid titik pusat ke kanan dan titik puncak ke kiri, lalu mengganti pengaturan spherize dari menu distort hingga 52%.
Dengan begitu jadilah sebuah daun yang kita inginkan, masih banyak cara agar daun menjadi lebih baik sesuai keinginan dari kita yang ingin mendesignnya. Dan masih bnyak juga software yang bisa kita gunakan untuk mendesign daun selain Photoshop. Masih banyak pula design yang membuat sebuah gambar atau animasi menjadi lebih baik contohnya air, langit, bunga, atau apapun itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar